Setelah Install Ubuntu 10.04

Lakukan Update Manager

Setelah proses install selesai, maka restart komputer anda lalu lakukan update manager. (System - Administration - Update Manager).

Install Graphic Driver

Bagi yang menyukai efek grafik desktop, maka download driver melalui cara yang mudah. Buka menu Appearance dan aktifkan Compiz Fusion, akan muncul menu untuk mendownload drivernya bila belum terinstall. Atau melalui cara System - Administration - Hardware Drivers.


Tambahkan Repositories

Untuk menambahkan repositories Software Sources (System ⟶ Administration ⟶ Software Sources) Klik "Add..." pada tab "Other Software" lalu masukkan perintah APT line.

Install Ubuntu Restricted Extras

Sayangnya Ubuntu belum memasukkan paket-paket untuk multimedia karena alasan hukum di beberapa negara melarangnya. Karena itu untuk menginstallnya gunakan perintah
apt:ubuntu-restricted-extras
atau
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras
Dengan perintah tersebut, akan terinstall paket multimedia yang dibutuhkan.  Seperti misalnya Java, Microsoft Font, Flash, DVD, dan lain sebagainya.

Install Medibuntu

Medibuntu (Multimedia, Entertainment & Distractions In Ubuntu) is a repository of packages that cannot be included into the Ubuntu distribution for legal reasons (copyright, license, patent, etc). Karena alasan legal (masing2 negara mempunyai kebijakan yang berbeda-beda dan filosofi Ubuntu itu sendiri) maka Ubuntu tidak bisa menyertakan sejumlah aplikasi. Untuk menginstall Google Earth, Adobe Reader (acroread) di Synaptic misalnya, tambahkan perintah berikut melalui terminal:

sudo wget --output-document=/etc/apt/sources.list.d/medibuntu.list http://www.medibuntu.org/sources.list.d/$(lsb_release -cs).list && sudo apt-get --quiet update && sudo apt-get --yes --quiet --allow-unauthenticated install medibuntu-keyring && sudo apt-get --quiet update

Bila ingin dapat memberikan laporan bila seandainya terjadi crash, tambahkan perintah berikut:

sudo apt-get --yes install app-install-data-medibuntu apport-hooks-medibuntu

Install Lebih Banyak Tema

Suka memiliki banyak tema untuk Ubuntu anda? Install Community Themes. Gunakan perintah
apt:community-themes
atau
sudo apt-get install community-themes
Merubah Ukuran Font

Tidak suka dengan ukuran font yang ada? Rubah saja melalui Appearance Menu. Pilih menu Fonts. Lalu ubah ukurannya seperti yang dikehendaki.

Install Ubuntu Tweaks

Ubuntu Tweaks merupakan Ubuntu System Cleaner terbaik saat ini. Bila ingin membersihkan dari cache software-software yang tidak perlu Ubuntu Tweaks dirasa lebih bagus dari Computer Janitor dan lebih mudah daripada menggunakan perintah di terminal. Download Ubuntu Tweaks, pergi ke web-nya ubuntu-tweak.com

Pada versi 0.5.4 Ubuntu Tweak dapat mengatur Jendela Login (GDM) Ubuntu dengan mudah.

Kunjungi Ubuntu Software Center / Synaptic Package Manager

Kunjungi Ubuntu Software Center dan temukan beragam aplikasi menarik. Semuanya cukup dengan sekali klik untuk menginstall. Software yang pantas dicoba diantaranya:

Shutter (screenshot tool), Chromium (browser), Downloader for X (download manager), Pidgin (Internet Messenger), Inkscape (Vector Graphic), Scribus (publishing tool), Gimp (image tool), K3B (cd/dvd burning tool), VLC (multimedia), SMPlayer (multimedia), Shotwell (photo organizer).

Download/Install Ubuntu Manual 

Download Manual Ubuntu di  Softpedia. Atau di ubuntu-manual.org.

0 Response to "Setelah Install Ubuntu 10.04"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme